Mari Wujudkan Indonesia Bebas Sampah Pada 2021

Mari Wujudkan Indonesia Bebas Sampah Pada 2021
11/15/2017
Lingkungan berperan penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, namun beberapa masalah lingkungan yang ada di negara kita Indonesia masih belum bisa di atasi dengan baik karena kurangnya kesadaran warga tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Wujudkan Indonesia Bebas Sampah
Kebersihan Lingkungan (credit : galih.id)

Sampah adalah salah satu dari sekian banyak masalah di Indonesia terutama Jakarta, walaupun pihak pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah mencoba berbagai cara untuk membersihkan sampah yang ada pada kali di Jakarta dan juga pada lingkungan sekitar Jakarta yang terdapat banyak sampah, tetap saja sampai sekarang masalah tersebut belum bisa di atasi dengan baik.

Sebenarnya masalah tersebut bisa diminimalisir dengan adanya sosialisasi rutin tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya kepada seluruh warga Jakarta, pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan juga ikut berpartisipasi dalam membersihkan sampah yang ada di pinggir jalan, jangan hanya mengandalkan petugas sampah ataupun mengandalkan pemerintah provinsi daerah atau pusat.

Sosialisasi tersebut bisa dilaksanakan di setiap daerah, kecamatan, kabupaten dan RT/RW yang ada di Indonesia, dengan menjelaskan tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya, berpartisipasi dalam mewujudkan Indonesia yang bebas sampah dan juga dengan cara memasang tanda "buanglah sampah pada tempatnya" di titik-titik tertentu di wilayah yang terdapat banyak sampah.

Lingkungan Bersih
Kebersihan Lingkungan Sekolah (credit : balaimedia.tv)

Pentingnya ada kesadaran dalam diri warga Indonesia dalam ikut menagani masalah sampah tersebut, karena percuma saja ada petugas kebersihan, jika masyarakatnya sendiri belum sadar tentang pentingnya membersihkan lingkungan dari sampah. Kita harus mandiri, merdeka dan jangan hanya mengandalkan pemerintah dan petugas kebersihan, jika kita terus mengandalkan pemerintah dan petugas kebersihan maka mau sampai kapan negara ini bebas dari sampah?

Banyak dampak positif dari membersihkan lingkungan kita, salah satunya yaitu mencegah banjir. Banjir dan sampah juga masalah yang sulit di hilangkan pada ibukota, padahal dengan menyelesaikan masalah sampah maka masalah banjir pun dapat diminimalisir secara keseluruhan. Dampak banjir sangat merugikan bagi masyarakat yaitu dapat menganggu kesehatan dan juga merusak pemandangan.

Masyarakat Gotong-royong
Gotong-royong membersihkan lingkungan (credit : cleangar.blogspot.com)

Gotong-royong membersihkan lingkungan yang diadakan rutin di setiap daerah akan membuat interaksi dan kebersamaan antar warga semakin dekat selain itu juga membuat lingkungan masyarakat menjadi bersih dari sampah dan penyakit. Masyarakat yang aktif akan membantu persatuan di Indonesia menjadi semakin baik dan damai.

Mari ikut serta dalam mewujudkan Indonesia yang bebas sampah pada 2021.

Lihat Artikel Lainnya : Belajar Menjadi Gubernur atau Walikota Yang Baik dari Hal yang Kecil

#BebasSampah2021 #JakartaBebasSampah2021 #IndonesiaBebasSampah2021 #Indonesia
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR