Belajar Menjadi Gubernur atau Walikota Yang Baik dari Hal yang Kecil

1/28/2017
Cara menjadi Gubernur atau Walikota bisa kita mulai dari sekarang dengan melakukan hal-hal yang kecil. Hal-hal yang kecil akan menjadi hal yang besar suatu saat nanti, maka dari itu mari kita pebaiki diri dengan melakukan hal-hal yang positif walapun hal tersebut kecil sekalipun.

Belajar Menjadi Gubernur


Nah tips dari hal kecil berikut ini bisa Anda aplikasikan pada kehidupan sehari-hari. 😊

Perbaiki Kebersihan Kamar/Rumah


Kebersihan Kamar/Rumah
Image Source : life.viva.co.id

Dengan membersihkan kamar Anda secara rutin saat Anda menjadi gubernur/walikota nanti, Anda akan memperbaiki kebersihan kota di setiap sudut dan fasilitas-fasilitas umum pada kota tersebut.
Bisa dengan cara membuat Tim Kebersihan pada kota tersebut, dan meletakan tempat sampah umum di setiap sudut kota.

Menata Kamar/Rumah dengan Baik dan Rapih


Dengan mengikuti tips ini, saat Anda menjadi Gubernur/walikota nanti, Anda akan memiliki kepintaran dalam menata setiap sudut kota agar rapih dan baik untuk warga kota, kata warga kota ini dalam Kamar/Rumah Anda bisa dicontohkan dengan datangnya tamu, anggota keluarga ataupun teman yang menginap.

Kebersihan Rumah

Menggusur (memindahkan) barang ketempat lain atau menggusur barang dan mengembalikannya ke posisi semula sehingga menjadi lebih rapih.

Kalimat ini jika diaplikasikan saat menjadi Walikota, Anda akan memiliki kepandaian dalam memperbaiki lokasi yang kumuh/tidak teratur tersebut menjadi lebih baik dari sebelumnya (renovasi lokasi) ataupun menggusur dan memindahkannya ke tempat lain (menyediakan tempat baru yang layak untuk warga yang di gusur) (menyediakan tempat baru yang layak untuk benda yang di pindahkan).

Walaupun tips ini membutuhkan anggaran (dana) yang banyak maka dari itu diperlukan kepandaian dalam mengelola anggaran kota/daerah.

Mengatur Keuangan

Mengatur Keuangan

Cobalah mengatur keuangan atau pengeluaran dengan baik dan benar, jangan sampai uang yang Anda keluarkan tersebut tidak mendapatkan manfaatnya sama sekali. Belilah barang jika memang diperlukan, jangan sampai Anda membeli barang atau benda namun barang tersebut tidak digunakan.
Barang yang Anda beli harus mempunyai manfaat yang baik untuk seluruh anggota keluarga, tamu, ataupun teman yang menginap. Contoh dari yang kecil adalah (merasa senang dan betah dengan melihat benda-benda di rumah tersebut).

Memperbaiki Nilai Rohani

Nilai Rohani

Selain itu dengan memperbaiki nilai rohani Anda, dengan cara beribadah, berdoa menurut agama dan keyakinannya masing masing.
Dengan memperbaiki nilai rohani dari sekarang, suatu saat nanti Anda akan memiliki kepandaian dalam merasakan keinginan (emosional) rakyat/warga kota.

Sikap/Etika

Sikap dan Etika
Image Source : Hipwee

Sikap dan Etika juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, sikap kita terhadap orang lain, sikap berjalan, sikap menyapa orang lain, hal-hal kecil seperti ini mempunyai efek yang besar nantinya jika terus Anda aplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Sebagai seorang walikota Anda harus ramah dan beretika di hadapan rakyat, senyum kepada orang lain, selalu berpenampilan rapih dan etika yang baik dimanapun Anda berada.

Tegas


Tegas dalam hal yang kecil contohnya jika Anda seorang siswa/siswi lalu Anda melihat teman Anda bermain saat pelajaran, nah Anda harus menegurnya dengan baik-baik, jika tidak bisa ditegur cobalah lapor guru disekolah Anda untuk menegurnya.
Hal kecil ini dapat memberikan sifat Tegas dalam diri Anda.


CityMungkin itu saja tips Belajar Menjadi Gubernur yang bisa Anda aplikasikan pada kehidupan sehari-hari yang akan berdampak pada kepribadian Anda agar bisa menjadi Pemimpin dan Pelayan yang baik bagi rakyat.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR