Oppo Find X dan Vivo NEX, Inovasi Smartphone Masa Depan?

Oppo Find X dan Vivo NEX, Inovasi Smartphone Masa Depan?
6/21/2018

Dua perusahaan smartphone asal China yaitu Oppo dan Vivo menunjukan kehebatannya dalam membuat inovasi baru yang disematkan pada smartphone flagship mereka. Ponsel dengan layar penuh tanpa bezel memang menjadi incaran konsumen smartphone tahun ini, tentu saja hal tersebut menjadi patokan bagi para produsen smartphone agar dapat membuat ponsel sesuai dengan keinginan konsumen.

Oppo Find X dan Vivo NEX telah hadir dengan berbagai teknologi dan inovasi yang mereka miliki, sebut saja Oppo Find X dengan teknologi slider camera dan Vivo dengan teknologi pop-up camera, keduanya hadir full layar tanpa notch atau poni, sehingga membuat daya tarik tersendiri karena tidak mengikuti Iphone X.

Dalam segi keamanan Oppo menggunakan 3D Face atau teknologi yang mirip dengan Face ID, slider kamera ini dapat terbuka dalam waktu 0.5 detik dan melakukan scanning wajah dalam waktu yang cukup singkat. Berbeda dengan Vivo yang menggunakan teknologi under display fingerprint atau sidik jari bawah layar untuk keamanannya, sensor ini juga cukup cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tentu saja hal tersebut menjadi keunikan tersendiri pada kedua smartphone ini.

Slider Camera - Oppo Find X
Slider Camera - Oppo Find X (Source : Digit)

Oppo Find X menggunakan Slider camera untuk membuka dan menutup kamera depan dan belakang yang membuat ponsel ini tidak memperlihatkan satupun kamera di bagian depan dan belakang. Saya pribadi pernah membayangkan smartphone yang memiliki desain seperti ini, tidak memperlihatkan kamera depan dan belakang.

Sayangnya Oppo tidak menyematkan teknologi under display fingerprint pada ponsel flagship terbarunya. Layar Oppo Find X menggunakan Infinite Display seperti halnya Samsung Galaxy S9.

Spesifikasi Oppo Find X


SpesifikasiOppo Find X
LayarAMOLED 6.42-inch 2,340 x 1,080p 19,5:9
Dimensi56.7 x 74.2 x 9.6 mm
Berat186 g
ProsesorSnapdragon 845 Octa-core
GPUAdreno 630
RAM8 GB
ROM (Storage)256 GB
Kamera DepanSelfie 25 MP (f/2.0)
Kamera BelakangKamera ganda 16MP (f/2.0)+ 20MP (f/2.0)
Baterai3.730 mAh VOOC charging
OSAndroid 8.1 dengan ColorOS 5.1
SensorPengenal wajah 3D, accelerometer, gyroscope, proximity, compass
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, USB type-C, NFC

Sumber Spesifikasi : The Verge

Harga Oppo Find X di Indonesia diperkirakan seharga Iphone X atau Rp 17 Jutaan, sudah termasuk biaya tambahan saat masuk ke Indonesia.



Pop-up Camera - Vivo NEX S
Pop-up Camera - Vivo NEX S (Source : Androidcentral)

Vivo NEX menggunakan pop-up camera untuk membuka kamera depan, untuk kamera belakang tidak tertutup dengan desain yang mirip dengan Iphone X. Kecepatan pop-up ini juga tidak kalah cepat dengan Oppo Find X, keduanya mempunyai kecepatan yang sama.

Berbeda dengan Oppo Find X yang tidak mempunyai Headphone Jack 3.5mm, Vivo NEX tetap mempertahankan Headphone jack pada smartphone flagship terbarunya.

Spesifikasi Vivo NEX S

SpesifikasiVivo NEX S
LayarFHD+ Super AMOLED 6.59-inch 1080 x 2316 pixels, 19.3:9 ratio
Dimensi162 x 77 x 8 mm
Berat199 g
ProsesorSnapdragon 845 Octa-core
GPUAdreno 630
RAM8 GB
ROM (Storage)128GB, 256GB
Kamera Depan8MP (Pop-up)
Kamera Belakang12MP + 5MP
Baterai4.000 mAh
OSFuntouch OS 4 (Android 8.1 Oreo)
SensorFingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, USB type-C, 3.5mm Jack

Harga Vivo NEX S diperkirakan mencapai angka Rp 10 Jutaan, belum termasuk biaya tambahan saat masuk ke Indonesia nanti.

VIDEO : Oppo Find X



VIDEO : Vivo NEX S


Kesimpulan


Kedua smartphone ini mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing yang menjadi daya tarik dan keunikan masing-masing smartphone. Oppo dengan teknologi slider kamera dan 3D Face atau Vivo dengan pop-up camera dan Under display fingerprint.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR